Jumat

lagu Rhoma dipelajari ratusan universitas di dunia

lagu-lagu karya Rhoma Irama dipelajari di ratusan universitas di dunia 


Riforri - Prof Andrew Weintroup, Guru Besar Musik pada Pittsbergh Univ AS, baru saja mengirim email ke Surya Aka. Dia memberikan testimoni bahwa lagu-lagu karya Rhoma Irama dipelajari di ratusan universitas di dunia.

Prof Andrew Weintroup, Guru Besar Musik pada Pittsbergh Univ AS, baru saja mengirim email ke Surya Aka. Dia memberikan testimoni bahwa lagu-lagu karya Rhoma Irama dipelajari di ratusan universitas di dunia | http://www.ri-for-ri.com
Prof Andrew:
Mas Aka, berikut saya lampirkan contoh buku-buku pelajaran yang termasuk biografi dan analisa lagu Rhoma Irama. Memang ada lebih dari ini! Yang saya scan dan lampirkan adalah yang sering dipakai dalam kuliah universitas:

1. Broughton, Simon, and Mark Ellingham. 2000. Rough Guide to World Music; Volume 2: Latin and North America, the Caribbean, Asia and the Pacifi c . London: Rough Guide.

2. Capwell, Charles. 2004. “The Music of Indonesia.” In Excursions in World Music , edited by B. Nettl. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

3. Manuel, Peter. 1988. Popular Musics of the Non-Western World . New York: Oxford.

4. Sutton, R. Anderson. 2002. “Asia/Indonesia.” In Worlds of Music , edited by J. T. Titon. Belmont, CA: Schirmer, Thomson Learning.

5. Sweeney, Philip. 1991. The Virgin Directory of World Music. New York: Henry Holt and Company.

6. Taylor, Timothy. 1997. Global Pop: World Music, World Markets . New York: Routledge.


Pada buku literatur Nomor 2 dan nomor 4 sangat sering dipakai dan dianggap pelajaran wajib di ratusan universitas di dunia.
Yang kedua ini (dan nomor 3) ini termasuk sebagai kurikulum World Music.
Misalnya di Universitas Pittsburgh adalah kuliah "Introduction to World Music" setiap semester (bagian waktu pelajaran). Padahal di setiap semester 300 mahasiswa daftar/ikut kuliah. Kalau kita hitungi jumlahnya 600 mahasiswa per tahun. Itu di satu universitas. Bayangkan berapa mahasiswa yang sudah pernah belajar lagu Rhoma Irama melalui buku-buku ini!

Prof Andrew Weintroup, Guru Besar Musik pada Pittsbergh Univ AS, baru saja mengirim email ke Surya Aka. Dia memberikan testimoni bahwa lagu-lagu karya Rhoma Irama dipelajari di ratusan universitas di dunia | http://www.ri-for-ri.com

Salam,

Andrew N. Weintraub
Chair and Professor of Music
University of Pittsburgh

0 komentar:

Posting Komentar